Langsung ke konten utama

Cowok Kok Pakai Kosmetik?

Kosmetik Alami

Bagi sebagian orang, kosmetik adalah sesuatu yang lekat kaitannya dengan kaum hawa. Padahal faktanya tidak selalu begitu. Bahkan, bisa dikatakan persepsi ini salah besar. 

Kenapa? Kesalahannya ada pada tafsiran kosmetik yang seringkali disalahartikan oleh sebagian orang. Atau bisa jadi kamu termasuk dari "sebagian orang" tersebut?

Coba deh, apa yang ada di benakmu ketika pertama kali mendengar kata "kosmetik"? Skin care? Lipstick? Eyeliner? Iya benar, itu termasuk kosmetik.

Namun, tahukah kamu kalau pasta gigi, sabun, shampoo dan berbagai macam produk yang dipakai di luar tubuh kita adalah "kosmetik"?

Berdasarkan definisi dari Food and Drug Administration (FDA), kosmetik adalah produk yang digunakan pada tubuh manusia untuk membersihkan, mempercantik, mempromosikan daya tarik, atau mengubah penampilan tanpa mempengaruhi struktur atau fungsi tubuh.


Dari sini kita dapat menarik kesimpulan, bahwa kosmetik merupakan kebutuhan dasar manusia. Coba deh, manusia mana yang tidak mandi menggunakan sabun, membersihkan rambut tanpa shampoo, atau membersihkan gigi tanpa pasta gigi? 

Mungkin ada kali ya, sebagian kecil populasi umat manusia yang tinggal di pelosok hutan. Walaupun begitu, sebagian kecil populasi umat manusia ini juga kemungkinan mempunyai mekanisme tersendiri dalam merawat tubuhnya.

Ini menjadi bukti, bahwa kosmetik adalah kebutuhan primer bagi setiap manusia. Setiap orang tidak bisa melepaskan diri dari produk-produk kosmetik, sadar atau tidak disadari.

Sebagian orang, mendefinisikan kosmetik hanya dalam artian yang sangat sempit, yang mungkin hanya berputar-putar pada produk skin care, hair care dan perias wajah. Persepsi yang kurang tepat seperti ini perlu diubah bersama-sama.

Kemudian timbul pertanyaan baru, kira-kira apakah kaum adam perlu skin care-an?

Depends! Tergantung dari jenis kulit, riwayat genetika dari orang tua dan beberapa variabel lainnya. Hal ini juga perlu dilakukan check and balance. Bahkan, pada kasus-kasus tertentu tidak masalah apabila pria juga datang ke dokter kecantikan untuk melakukan perawatan ataupun pengobatan.

"Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan." (H.R. Muslim)

Pada intinya, penulis ingin menekankan bahwa tidak perlu mendiskreditkan sebagian pria yang ingin merawat dirinya dengan produk skin care

Saat ini sudah semakin banyak pula produk kosmetik yang bersertifikat halal yang beredar di Indonesia. Jadi, tidak perlu khawatir dan tetap aware untuk cross check produk-produk kosmetik yang akan dibeli.

Pada hakikatnya, tubuh manusia adalah titipan dari Allah subhana wa ta'ala yang harus dijaga dan dirawat sedemikian rupa. Siapa tau, nanti di akhirat kita ditanya,
kenapa tidak merawat tubuh yang Allah subhana wa ta'ala berikan yang sudah sangat sempurna ini? Wallahua'lam bis shawab.

Komentar

  1. skin care yg sering ku pake; biore, ketika mandi
    heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kak Dodo. Terima kasih sudah berkunjung!

      Setahu penulis, sabun mandi dikategorikan sebagai body care.

      CMIIW ya :)

      Hapus
  2. Sepskat. Cowok skin care-an ngga masalah si, selagi tujuannya utk mempercantik diri. Badan bersih, wangi, cerah, kan bisa memikat hati para wanita eyaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul kak.

      Wah, kak Aldan mau memikat hati siapa tuh :D

      Hapus
  3. Bagus banget Kaka, setuju sih justru dengan kita peduli dengan penampilan tanpa kita sadari kita peduli dengan kenyaman orang yang ada disekeliling kita. So I'ts ok buat pake kosmetik asalkan halal dan terjamin keamanannya.

    BalasHapus
  4. suamiku aku templokin skin care tiap malem hahahaha awalnya doi ngga mau tapi lama2 kebiasaan. karena aku kan juga pengen punya suami yang kulitnya glowing kayak oppa2 koreya yekaan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sepertinya seru ya mbak, skincare-an bareng suami.

      Kapan ya :D

      Hapus
  5. Wah mantap sih, betul gak masalah cowok pake skincare asal tujuannya benar. Saya termasuk cowok yang memakai skincare walaupun tujuan saya kadang gak benar wkwkw.

    BalasHapus
  6. laki-laki juga wajib merawat diri. kalau bukan diri sendiri siapa lagi?
    kalau diniatkan sebagai ibadah, insyaallah mendapat pahala.
    asalkan nggak berdandan seperti wanita ya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul kak. Karena ini amanah yang sudah diberikan oleh Allah :)

      Hapus
  7. Hhha ak juga biasanya pake kosmetik yang dipake cewe, yamasa badan gak dirawat kan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Skincare Termasuk Nafkah?

Artikel ini merupakan rangkuman dari ceramah Ustadz Oni Sahroni pada sesi Live IG yang diadakan pada bulan November, 2021. Ustad Ini Sahroni merupakan pakar fiqh muamalah dengan track record yang sangat luar biasa. Selengkapnya tentang beliau, bisa di-searching di Google. Disclaimer: Dalam hal ini, Tim Halal Gentle Care bukanlah Ulama Mufti yang memiliki hak untuk memberikan fatwa. Kami hanya mencatat dan membagikannya kepada teman-teman, melalui artikel ini. Dalam kehidupan rumah tangga. Ternyata skincare istri bisa menjadi salah satu kebutuhan yang menjadi tanggungjawab suami. Skincare harus dipenuhi suami, dalam kondisi: 1. Digunakan Istri untuk Kebutuhan yang Halal. Karena tampil menarik di depan suami bagian dari adab setiap istri untuk menjaga afaf (harga diri) suami dan mengokohkan mawaddah (kecintaan) di antara keduanya. Sebaiknya, ketika skincare digunakan untuk tujuan yang tidak halal seperti tabarruj (berpenampilan berlebih-lebihan) di depan publik, baik di offlin

Kahf, "Produk Wardah" untuk Pria

Beberapa bulan yang lalu, PT Paragon Technology and Innovation meluncurkan brand produk perawatan khusus untuk pria, namanya adalah Kahf. Perusahaan yang terkenal dengan produk Wardah ini, sebelumnya sudah terkenal sebagai produsen kosmetik halal terlengkap untuk kalangan wanita. Kahf lahir karena perawatan tubuh yang bisa merepresentasikan kebutuhan pria yang saat ini ternyata mulai banyak dicari masyarakat. Nama Kahf berasal dari sebuah surat di dalam Al-Quran yakni Al-Kahfi. Filosofi dari brand ini juga terkandung di dalam cerita yang disampaikan dalam surat tersebut. Kahf ini lahir terinspirasi dari Surat Al-Kahfi, yang mana ada sekelompok pemuda yang masuk ke gua karena disatukan oleh keimanan dan kepercayaan, artinya Kahf ingin jalan bersama-sama dengan orang yang berbeda-beda. Kahf mengeluarkan beberapa produk yang terdiri dari lima kategori. Produk-produk Kahf tersebut semuanya sudah bersertifikat halal di antaranya non-comedogenic dan non-acnegenic serta sudah teruji s

Apakah Sunscreen Harus Dibersihkan Dulu Sebelum Wudhu?

Cara kerja sunscreen adalah membentuk lapisan pelindung pada bagian permukaan kulit untuk menghalangi sinar ultraviolet dari matahari yang mengenai kulit. Oleh karena itu, jika sunscreen yang digunakan telah dibilas dengan air pun masih ada bekas warna atau ada lapisan yang menghalangi air untuk mengenai kulit, maka perlu untuk dibersihkan terlebih dahulu. Ulama memiliki perbedaan pendapat mengenai kosmetik waterproof, dalam hal ini termasuk di dalamnya adalah sunscreen. Menurut Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz: "Jika make up membentuk lapisan yang menghalangi sampainya air ke kulit, maka harus dihilangkan. Jika tidak terdapat lapisan, hanya sebatas warna dan tidak memiliki ketebalan, maka tidak harus dihilangkan." Sedangkan menurut sebagian Ulama Madzhab Syafi'i: "Make up harus terhapus sampai jika dibasuh dengan air, airnya bening. Jika dibasuh dengan air, airnya belum bening dan masih berwarna, maka make up harus dihapus lagi. Baru wudhunya sah.&q